Rabu, 10 Juni 2009

Assembler : Listing Program Menampilkan Nama Rahmawati ( NENG)

Abstact :

Simulation bring forward to show characters or digit make use 7 segment is instrument of digital electronic with use to microcontroller AT89C51, and simulink this program with one of simulation program is Topview Simulator. And the listing program maked to show characters or digit using program ASM51.

Keyword : 7 segment, simulation.

Abstrak :

Simulasi untuk menampilkan huruf-huruf atau angka dengan menggunakan 7 segment adalah peralatan elektronika digital yang menggunakan mikrokontroler jenis AT89C51, yang disimulasikan dengan menggunakan salah satu software untuk simulasi yaitu Topview Simulator. Dan pembuatan listing program untuk menampilkan huruf-huruf atau angka tersebut dibuat menggunakan program ASM51.

Kata Kunci : 7 segment, simulasi.

1. Pendahuluan

Sevet Segmen merupakan peraga angka yang dapat memperagakan angka dari 0 sampai 9. Seven Segment ini dibentuk oleh 7 buah segmen yang tersusun sedemikian rupa sehingga jika ada beberapa segmen tertentu yang aktif maka akan membentuk sebuah angka.

Setiap segment dari peraga 7-segment berupa LED yang susunannya membentuk suatu konfigurasi tertentu seperti angka 8.

2. Pembahasan

Seven-segment, lebih sedikit biasanya dikenal sebagai suatu seven-segment indikator, adalah suatu format dari alat tampilan yang suatu alternatif ke dot-matrix tampilan yang semakin kompleks. Seven-Segment adalah biasanya digunakan di dalam elektronika sebagai metoda dari mempertunjukkan umpan balik klasifikasi sistim desimal dengan operasi yang internal tentang alat.

Seven segmen diatur sebagai segiempat panjang dari dua segmen yang vertikal pada [atas] masing-masing sisi dengan satu segmen yang horizontal di bagian atas dan alast. Apalagi, segmen yang ketujuh membagi dua bgian segiempat panjang secara horizontal.

Kebanyakan seven segment mengggunakan tampilan suatu array dari diode pemancar cahaya ( LEDS), meskipun demikian lain jenis ada teknologi alternatif penggunaan seperti lucutan gas katode dingin, ruang hampa kawat pijar yang bercahaya berpijar, tampilan hablur cair ( LCD), dan lain lain. Karena gambar lambang suku harga gas dan lain tanda yang besar, electromagnetically dilemparkan light-reflecting segmen ( kadang-kadang [disebut " rusuk-rusuk penyejuk") masih biasanya digunakan. Suatu alternatif bagi 7-segment di 1950s sampai 1970s adalah nixie tabung ruang hampa yang seperti tabung.

Mulai 1970, RCA yang dijual suatu alat tampilan yang dikenal sebagai Numitron yang menggunakan kawat pijar bercahaya mengatur ke dalam suatu seven-segment.
Secara sederhana, masing-masing LED adalah secara khas dihubungk
an dengan satu terminal ke pin yang sendiri dengan diam-diam bagian luar dari paket dan LED terminal yang lain dihubungkan secara umum dengan semua lain LED di alat dan diterbitkan persis sama benar bersama pin.

Pin yang bersama ini akan kemudian menyusun semua katode ( terminal yang negatif) atau semua kutub positip ( terminal yang positif) dari LED di alat dan demikian akan jadi yang manapun a " Katode yang umum" atau " Kutub positip yang umum" tergantung alat bagaimana dibangun. Karenanya suatu 7 paket segmen yang lebih akan hanya perlu sembilan pin untuk menyajikan dan dihubungkan.

Tampilan terintegrasi juga ada, dengan tunggal atau berbagai digit. Sebagian dari tampilan yang terintegrasi ini menyertakan decoder internal mereka sendiri, meskipun demikian paling tidak– masing-masing LED yang individu diterbitkan persis sama benar menghubungkan pin seperti diuraikan.

MULTIPLE-DIGIT LED seperti yang digunakan dalam kalkulator saku dan alat yang serupa digunakan tampilan multiplexed untuk mengurangi banyaknya IC pin diperlukan untuk mengendalikan tampilan. Sebagai contoh, semua kutub positip dari Suatu segmen dari tiap posisi digit akan dihubungkan bersama-sama dan persis sama benar pengarah meletakkan/ menjepit, selagi katode dari semua segmen untuk masing-masing digit akan dihubungkan. Untuk beroperasi manapun segmen yang tertentu tentang segala digit, integrated sirkuit pengendalian akan memutar dengan diam-diam pengarah katode untuk digit yang terpilih, dan pengarah kutub positip untuk segmen yang diinginkan kemudian hingga batas tertentu yang pendek/singkat kosong interval digit yang berikutnya akan terpilih dan pengarah kutub positip untuk segmen yang diinginkan, kemudian hingga batas tertentu yang pendek/singkat kosong interval digit yang berikutnya akan terpilih dan segmen yang baru dinyalakan, pertunjukan percontohan.

Di cara ini suatu delapan digit tampilan dengan tujuh segmen dan suatu tanda desimal akan memerlukan hanya 8 pengarah katode dan 8 pengarah kutub positip, sebagai ganti sixty-four pengarah dan IC pin. Sering memperoleh keuntungan kalkulator bentuk pengarah digit akan digunakan untuk meneliti papan tombol juga, menyediakan uang tabungan lebih lanjut; bagaimanapun, menekan berbagai kunci dengan segera akan menghasilkan hasil aneh dengan diam-diam pajangan yang multiplexed itu. 7 segmen ditemukan hak paten sejak dulu 1908 di U.S.

Hak Paten 974,943, F W Wood menemukan suatu tampilan 8-segment , yang menunjukkan nomor jumlah 4 penggunaan suatu bar, tetapi tidak mencapai penggunaan yang tersebar luas sampai kedatangan dari LED di 1970s. Mereka adalah kadang-kadang genap digunakan di dalam tampilan yang wajar seperti karton " yang akan dijual" Tanda, di mana pemakai yang manapun menggunakan warna ke segmen yang pre-printed, atau ( spray)paints mewarnai melalui suatu seven-segment template digit, menyusun figur seperti harga produk atau nomor telepon. Karena banyak aplikasi, dot-matrix LCDS sudah sebagian besar menggantikan LED meskipun demikian bahkan di LCDS 7-segment adalah sangat umum.

Tidak sama dengan LEDS, bentuk dari unsur-unsur di dalam suatu LCD panel adalah sewenang-wenang karena sejak mereka dibentuk oleh semacam mencetak proses. Di dalam kontras, bentuk dari LED segmen cenderung untuk segiempat panjang yang sederhana, mencerminkan fakta bahwa mereka harus secara phisik dicetak untuk membentuk, yang mana membuatnya sukar untuk membentuk bentuk yang lebih rumit dibanding segmen dari 7-segment . Bagaimanapun, faktor pengenalan yang umum tinggi dari 7-segment, dan kontras visual secara komparatif tinggi yang diperoleh oleh tampilan seperti itu sehubungan dengan dot-matrix digit, membuat SEVEN-SEGMENT MULTIPLE-DIGIT LCD layar yang sangat umum pada perhitungan dasar.

Listing Program yang digunakan dalam menampilkan huruf-huruf atau angka dengan menggunakan 7 segment tersebut adalah sebagai berikut :





Listing Program menggunakan program assembler ASM51

Setelah program dibuat dalam program assembler ASM51, kemudian compile program tersebut dengan menggunakan DOS (Command Prompt).


Compile Program ASM51 dengan DOS

Jika dalam proses compile di DOS (Command Prompt) tidak mengalami kendala (error). Maka proses selanjutnya adalah simulasi program tersebut dengan menggunakan program Topview Simulator



File Hexa yang didapat dari program tersebut adalah sebagai berikut :

File Hexa dibuka dengan menggunakan Notepad


3. Kesimpulan

Sevet Segmen merupakan peraga angka yang dapat memperagakan angka dari 0 sampai 9. Seven Segment ini dibentuk oleh 7 buah segmen yang tersusun sedemikian rupa sehingga jika ada beberapa segmen tertentu yang aktif maka akan membentuk sebuah angka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar