Kamis, 09 Juli 2009

Internet ( Blog )

· Pengertian Blog

BLOG merupakan singkatan dari "web log" merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).

Saat ini dengan BLOG memberikan kesempatan setiap orang untuk dapat melakukan eksplorasi dirinya, kelompok atau golongan. Teknologi yang memungkinkan setiap BLOG untuk dapat saling berkaitan, membentuk rantai informasi yang luar biasa. Kuncinya adalah keinginan dan kreatifitas yang terus dikembangkan, maka blog itu akan dikenal oleh orang lain.

Saat ini dengan mengenal BLOG dari seseorang atau kelompok, seakan kita sudah mengenal orang tersebut dengan jelas, sehingga kadang - kadang keakraban atau bahkan keterikatan satu sama lain bisa lebih dirasakan.

Aplikasi Web yang digunakan sudah dirancang semudah kita mengetik di program microsoft word. Selain itu kita sudah bisa membuat tampilan website sendiri, sedangkan pilihan template atau desain muka website saat ini sudah sangat beragam, dari mulai yang gratisan sampai komersil.

· Manfaat Blog

1. Banyaknya penyedia layanan BLOG saat ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk mulai belajar publikasi.

2. Dengan BLOG, kita bisa menjual atau menginformasikan apa saja. Modul - modul aplikasi BLOG memungkinkan kita untuk membuat katalog online, kalender, pembayaran online, album galeri, video sharing, download dan masih banyak lagi.

3. Banyak sekali enterpreuner saat ini yang berhasil berbisnis di media online, dan salah satunya berjuang melalui media BLOG.

4. Kita bisa memanfaatkan waktu luang, tanpa mengganggu aktifitas sehari - hari. Terlebih lagi apabila mempunyai koneksi internet sendiri di rumah.

5. BLOG akan menjadi perpustakaan terlengkap dan media ilmu paling besar di dunia, dengan makin banyaknya orang yang selalu nge-BLOG setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar